Everything you need for your creative project



Radio Pasisia Online native berbasis flash dan membutuhkan adobe Flash 10 + support Silahkan Download.

Download Flash Disini.



HTML, Email, Blogger, WordPress, PSD, Joomla, Magento

Our Blog

Wisata Andalan Pesisir Selatan

80-80-(ah-personal) 80d 80x80 80x80 80x80b 80x80-wp admin-thumb avatar avatarb brody d f icon icon_wego_drupalf icond icon-opencart logo mt-cool-thumb 80-80-(ah-personal) 80d 80x80 80x80
1.   Kawasan Wisata Mandeh

Kawasan Mandeh terletak di kecamatan Koto IX Tarusan yang berbatas langsung dengan Kota Padang,. Kawasan ini hanya berjarak 56 km dari Padang dengan luas ±18.000 Ha dan waktu tempuh sekitar  1 jam dari kota Padang. Objek wisata Kawasan Mandeh (Mandeh Resort) sudah dikenal baik ditingkat nasional maupun internasional dengan adanya investasi dari pihak asing (Itali) yang mengembangkan resort wisata yang dikenal dengan Cubadak Paradiso. Bahkan  Kawasan Mandeh  telah menjadi destinasi utama kebijakan sector pariwisata kebaharian yang dimasukkan kedalam  Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken. Kawasan Wisata Mandeh sangat menjanjikan untuk dijadikan tujuan investasi. Kawasan ini terlihat seperti danau karena berada pada teluk yang tidak berombak, aktivitas yang dapat dilakukan di sini antara lain; snorkeling, diving dan olahraga lainnya. Di sini juga terdapat bangkai kapal yang karam pada zaman Belanda dulu.

2.   Air Terjun Bayang Sani

Air Terjun Bayang Sani terdiri atas tiga tingkatan Air Terjun dari Batang Bayang Sani. Objek Wisata ini terletak di Kampung Koto Baru Kecamatan Bayan,g berjarak 60 Km dari Kota Padang dan 20 Km dari Kota Painan dengan lama perjalanan  ± 1,5 jam dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda emapat dan roda dua, serta sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak 50 m dari pinggir jalan.

3.    Jembatan Akar

Jembatan Akar terletak di Kampung Pulut-Pulut Kecamatan Bayang Utara, dengan jarak ± 65 Km dari Kota Padang dan ± 24 Km dari Kota Painan. Jembatan Akar merupakan  objek wisata yang sangat unik karena dibentuk dari penyatuan jalinan akar-akar pohon beringin sehingga membentuk suatu jembatan yang menarik, di bawahnya terbentang Batang Bayang.

Jembatan Akar ini dibuat oleh seorang tokoh masyarakat bernama Pakiah Sokan pada tahun 1916 dengan tujuan untuk menghubungkan dua desa yang terpisah oleh sungai. Jembatan Akar memiliki panjang sekitar 25 meter dengan lebar 1,5 meter. Kegiatan  wisata yang dapat dilakukan di objek wisata ini diantaranya adalah rekreasi, hiking dan arung jeram.

4.    Pantai Carocok

Objek Wisata Pantai Carocok Painan terletak di Kecamatan IV Jurai dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam (± 75 km dari Kota Padang).  Di lokasi objek wisata ini telah tersedia berbagai sarana atraksi wisata yang disuguhkan setiap hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya. Atraksi wisata tersebut antara lain Jet Ski, Banana Boat, Flying Fox, di samping itu juga tersedia Snorkeling, Scuba Diving, Kapal Wisata  serta pertunjukan musik dan atraksi wisata lainnya yang bersifat temporari. Di kawasan Pantai Carocok telah tersedia lapangan parkir yang luas serta Gazebo yang dihubungkan oleh jembatan.

5.    Puncak Langkisau

Langkisau adalah nama suatu bukit yang memiliki ketinggian 300 m dari permukaan laut yang terletak di sisi utara kota Painan, dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan roda 4. Di atas puncak bukit ini terdapat tempat take off untuk paralayang, sedangkan landing terdapat di Pantai Salido,  di puncak Langkisau selain paralayang juga terdapat atraksi wisata flying fox.

6.    Air Terjun Timbulun

Objek Wisata Air Terjun Timbulun terletak di Painan Timur,  ± 3 Km dari Kota Painan dan 77 km dari Kota Padang. Air terjun ini cukup mudah dijangkau dan ramai dikunjungi wisatawan, terutama hari libur dan pada saat Balimau Paga menyambut bulan suci Ramadhan.

7.    Pelabuhan Panasahan

Pelabuhan Panasahan merupakan satu-satunya pelabuhan di Kota Painan (± 2 km sebelah selatan kota Painan). Pelabuhan ini dijadikan objek wisata karena memiliki pemandangan yang sangat menarik. Lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat/roda dua. Disamping untuk berwisata, Pelabuhan Panasahan seringkali digunakan oleh para pemancing untuk memancing ikan, karena lokasinya yang sangat cocok untuk memancing.

8.    Pantai Sago

Pantai sago membentang cukup panjang, dan bisa dikatakan pasir panjang. Salah satu alternatif untuk sampai ke pantai ini adalah dengan melewati jalan didepan SMK Kelautan/Perikanan yang hanya berjarak 5 Km dari Kota Painan. Sore harinya di pantai ini banyak dikunjungi oleh para pengunjung lokal dari daerah Pesisir Selatan. Di samping itu pada hari libur juga berdatangan pengunjung dari luar daerah.

9.    Pulau Cubadak

Pulau Cubadak berada di kawasan Mandeh, tidak jauh dari Carocok tarusan dan hanya berjarak ± 1,5 Km dengan luas ± 705 Ha. Pulau Cubadak memiliki panorama alam yang sangat indah dengan pasirnya yang putih bersih, disekitarnya terdapat beberapa teluk, batu dan tanjung sehingga dijuluki  ‘The Paradise of The South”. Di pulau ini terdapat cottage yang terbuat dari bahan alami kayu, rotan, dan atapnya dari daun rumbia (sagu) yang telah dikelola secara professional sebagai tempat wisata bertaraf internasional oleh investor Italia.

10.  Pulau Cingkuak

Pulau ini termasuk dalam Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok dan hanya berjarak 400 m dari Pantai Carocok. Pulau Cingkuak memiliki luas 4,5 Ha dan merupakan saksi bisu terhadap peninggalan sejarah colonial di Pesisir Selatan, yang pada masa itu merupakan pusat perekonomian dan pelabuhan Pantai Barat Sumatera.

Pada objek wisata Pulau Cingkuak dapat kita lihat Benteng Portugis dan Makam Madame Van Kempen. Aktivitas yang dapat dilaksanakan di Pulau Cingkuak adalah; kemping, hiking. Saat ini setiap Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya dilaksanakan atraksi wisata seperti banana boat, jet ski, snorkeling dll.

11.  Pulau Penyu

Pulau Penyu berjarak ± 20 Km dari bibir pantai kota Painan. Di sekitar kawasan Pulau Penyu sesuai dengan namanya banyak terdapat penyu. Oleh masayarakat setempat, telur penyu disebut dengan telur katung yang sangat enak untuk dicicipi. Pemerintah terus berupaya untuk melestarikan Penyu dengan penangkaran agar tidak terjadi kepunahan. Di lokasi ini anda akan dapat melihat penyu yang sedang bertelur.

12.  Pulau Karabak

Pulau Karabak terletak di Kecamatan Sutera, ± 14 mil dari bibir pantai, di sini telah tersedia penginapan yang disewakan untuk uum. Pulau ini dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu yang dikelola oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan.

13.  Pulau Aur

Pulau Aur terdiri dari Pulau Aur Kecil dan Aur Besar yang berjarak ± 12 Km dari bibir Pantai Painan. Objek wisata ini cukup menarik karena pantainya yang berpasir putih dan pemandangannya yang indah serta ditumbuhi pulau kelapa. Bila ingin menikmati wisata bawah laut anda akan melihat keindahan terumbu karang yang terdapat di bawah laut, karena pulau ini sangat terkenal dengan terumbu karangnya yang indah dan menakjubkan.

14.  Pulau Semangki

Pulau Semangki terletak di hamparan Pantai Carocok Painan.  Dari lokasi ini terlihat jelas Pulau Cingkuak dan Batu Kereta. Jika anda berwisata ke Pulau Semangki anda akan sampai dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan perahu. Di kawasan ini anda dapat melakukan aktifitas seperti mandi-mandi sambil menikmati pantai yang bersih dan indah. Di pulau ini anda juga bisa memancing dan jalan-jalan bersama keluarga.

15.  Pulau Pagang

Pulau Pagang terletak di Kawasan Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan. Pulau ini cukup menarik dengan pasir pantainya yang lembut kuning gading dan dikenal dengan ‘The Virgin’S Calf Island”. Pulau Pagang memiliki luas ± 32 hektar yang berhadapan langsung dengan Pulau Sikuai. Loaksi ini dapat ditempuh dengan kapal motor boat ± 1,5 jam dengan jarak 52 km dari kota Padang. Objek wisata Pulau pagang telah dilengkapi dengan fasilitas berupa penginapan (home stay)

16.  Pulau Marak

Pulau Marak memiliki luas sekitar ± 256 Ha, berada diantara Pulau Cubadak dan Pulau Pagang. Di sini terdapat penangkaran orang utan.


Bawah laut / terumbu karang

Hampir seluruh wilayah laut Pesisir Selatan memiliki keindahan bawah laut (terumbu karang) yang menakjubkan, di antaranya adalah:

·        Kawasan di sekitar Batu Dandang dengan titik koordinat:          L = 1°           22’           500”

B = 100°        46’                352”

·        Kawasan Batu Nago dengan titik koordinat:                            L = 1°           23’           001”

B = 100°        47’                000”

·        Kawasan Selatan Pulau Aur dengan titik koordinat:                  L = 1°           24’           300”

B = 100°        30’                855”

·        Kawasan Barat Pulau Aur dengan titik koordinat:           L = 1°           23’           503”

B = 100°        31’                085”

·        Kawasan Timur Pulau Aur dengan titik koordinat:                    L = 1°           23’           167”

B = 100°        24’                321”

·        Kawasan Timur Pulau Semangki dengan titik koordinat:  L = 1°           20’           470”

B = 100°        31’                226”

·        Kawasan Barat Laut Pulau Babi dengan titik koordinat:   L = 1°           19’           596”

B = 100°        28’                255”

·        Kawasan Pulau Setan dengan titik koordinat:                L = 1°           14’           608”

B = 100°        36’                200”

Designed By pasisia

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.