Everything you need for your creative project



Radio Pasisia Online native berbasis flash dan membutuhkan adobe Flash 10 + support Silahkan Download.

Download Flash Disini.



HTML, Email, Blogger, WordPress, PSD, Joomla, Magento

Our Blog

Sulaman Bayangan Pessel Diminati Di Malaysia

80-80-(ah-personal) 80d 80x80 80x80 80x80b 80x80-wp admin-thumb avatar avatarb brody d f icon icon_wego_drupalf icond icon-opencart logo mt-cool-thumb 80-80-(ah-personal) 80d 80x80 80x80
Sumber foto:  http://thebougenvilleshop.blogspot.com
Painan, (ANTARA)- Sulaman bayangan asal Kabupaten Pessel, Sumbar ternyata cukup diminati masyarakat terutama asal mancanegara Malaysia karena memiliki ciri khas sulaman yang indah dan terkesan mewah.

"Sulaman bayangan Pessel ini cukup terkenal di mancanegara terutama Malaysia dan terbukti dengan membanjirnya permintaan," kata Ketua Dekranasda Pessel, Wartawati Nasrul Abit, di Painan, Kamis.
Permintaan hasil kerajinan sulaman bayangan tidak hanya diorder pembeli dari Sumbar, namun dua tahun terakhir justru banyak diminta konsumen asal Malaysia.

Membanjirnya permintaan tersebut karena seringnya pemkab melalui Dekranasda melakukan promosi dan ikut serta pameran ke luar daerah. "Pengrajin tersebut sering kewalahan karena banyaknya pesanan asal berbagai keluhan tersebut," katanya.

Pengrajin sulaman bayangan tersebar di sejumlah di Pessel, seperti Barang-Barung Belantai Kecamatan Koto XI Tarusan, Kota Painan dan Surantih Kecamatan Sutera. Pengrajin yang paling banyak terdapat di Barung-Barung Belantai. Pengrajin dominan ibu rumah tangga dan wanita lulusan SMA.

Hasilnya cukup memuaskan, dari upah yang diterima itu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.
Hasil kerajin sulaman bayangan yang digemari pembeli adalah bahan untuk pakaian, terutama yang sudah dimodifikasi coraknya.

"Tadinya hanya diproduksi jenis mukena, namun kini sudah ada dibuat untuk bahan pakaian," katanya.
Sulaman bayangan memiliki ciri khas, yakni tetap menggunakan hasil buatan tangan (bukan mesin). Para pengrajin kini juga dibina dalam ruangan khusus di Gedung Promosi Dekranasda.

Khusus untuk sulaman bayangan yang dimodifikasi mulai dikenalkan tahun 2006. Bahan dasar kain di datangkan dari Kota Padang. Sedang untuk promosi, Pemkab juga sudah meminta kepada para Bundo Kanduang setempat menggunakannya di setiap acara-acara adat dan kemasyarakatan.

Sumber: Antara Sumbar

Designed By pasisia

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.